Jumat, 02 November 2007

What we Talk About...

Gunungkidul...
Mungkin banyak dari kalian semua yang belum pernah mendengar nama daerah ini disebut, atau malah sudah sering mendengarnya diberitakan di koran-koran dan televisi. Gunungkidul merupakan salah satu dari lima kabupaten di propinsi DIY (udah tau kan???) yang notabene terkenal dengan kemiskinan dan kekeringaannya. Gunungkidul merupakan kabupaten terluas di propinsi DIY. ketika kita menuju kaupaten ini dari daerah Yogyakarta, kita akan menjumpai jalan menaiki bukit yang sangat berkelok-kelok. Bahkan ada satu tempat dimana kita bisa melihat kota Jogja dari atas bukit. Daerah ini merupakan wilayah yang tandus dan menjadi langganan kekeringan jika musim kemarau tiba. Hal inilah yang menyebabkan kemiskinan di daerah ini sampai saat ini masih tinggi. Bahkan daeah ini termasuk salah satu daerah tertinggal di Indonesia tercinta.
Beberapa tahun yang lalu, pada salah satu iklan produk sabun cuci digambarkan bahwa Gunungkidul merupakan daerah yang menderita kekeringan dan kemiskinan yang sangat parah. Iklan ini sempat menuai beberapa protes orang-orang asli daerah ini. Alasannya adalah karena iklan ini terlalu hiperbola ketika menggambarkan kemiskinan yang terjadi. Kami yang berada di daerah ini memang merasakan dampak kekeringan walaupun kekringan ini tidak terjadi di semua wilayah kabupaten. Akan tetapi apa yang kami rasakan dan lihat di daerah tidak separah apa yang digambarkan di iklan tersebut.
Akan tetapi dibalik cerita kekeringan dan kemiskinan ini ternyata Gunungkidul menyimpan beberapa potensi yang dapat dikembangkan. Kabupaten ini memiliki beberapa potensi pariwisata (termasuk wisata kuliner), potensi alam, dan bahkan saat ini telah masuk beberapa investor untuk berinvestasi di daerah ini. tentu saja hal ini akan sangat membantu Gunungkidul dalam mengatasi kekeringan yang melanda di musim kemarau dan membantu dalam mengatasi kemiskinan dan keterbelakangan. Inilah harapan kami yang ada disini, bisa mengentaskan kemiskinan secepat mungkin.
Yah... Inilah sekelumit cerita tentang Gunungkidul

Tidak ada komentar: