Minggu, 04 November 2007

Megahnya Pendopo di Pusat Kota

Berbicara mengenai sebuah pemerintahan, kita pasti tidak lepas dari kantor pemerintahannya. Begitu juga yang akan saya ceritakan ini. Pusat pemerintahan Kabupaten Gunugkidul saat ini berada di Pendopo Sewokoprojo Kabupaten Gunungkidul. Pendopo ini berada di pusat kota kabupaten (tepatnya di seberang pasar Wonosari Gunungkidul) dan berdiri megah dikelilingi pohon-pohon beringin yang sangat rindang. Ketika kita berjalan menyusuri jalan aspal memasuki kawasan pendopo ini, hawa sejuk dan rindang akan kita temui. Konon menurut cerita dari masyarakat, pendopo ini berdiri pada tahun 1918 (hampir 90 tahun) dan dari zaman dulu digunakan sebagai pusat pemerintahan wilayah ini. Sampai saat ini, pemerintahan kabupaten tetap dijalankan dari pendopo ini. untuk arti kata Sewokoprojo, sampai saat ini saya belum menemukannya (lain waktu akan saya tulis kembali..)
Ketika terjadi gempa bumi tahun lalu, pendopo Sewokoprojo tidak luput dari kerusakan. Akan tetapi dengan dana APBD yang ada, pemerintah daerah berusaha merenovasi kembali pendopo ini dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Salah satu hal yang menarik di dalam pendopo ini adalah gebyok (pembatas ruang dari kayu) dengan ukiran yang sangat rumit dan indah serta satu set gamelan lengkap yang sampai saat ini masih sering dimainkan.
Begitu megahnya pendopo ini, banyak orang yang datang hanya sekedar untuk melihat dan berfoto di halaman pendopo. Jika anda sedang berada di Jogjakarta khususnya Gunungkidul, tidak ada salahnya untuk menoleh sebentar ke pendopo megah kebanggaan warga Gunungkidul ini..

Tidak ada komentar: